• Uncategorized
  • 0

Pelayanan yang Sesuai dengan Kehendak Tuhan

Suatu hari di dalam perjalanan hidupku, saya bertemu dengan seorang perempuan cantik nan rupawan yang berniat luhur dan berhati mulia serta berjiwa besar yang mengajak saya untuk melakukan pekerjaan Pelayanan dan Penginjilan…

Hmmm…. Apa itu “Pelayanan dan Penginjilan” begitulah kira kira saya bergumam dalam hatiku. Bagi saya yang seorang Kristen KTP, istilah tersebut sungguh adalah sebuah istilah yang asing dan baru. Sampai suatu saat, perempuan yang berniat luhur dan berhati mulia tersebut meminta saya menerjemahkan draft naskah yang berbahasa Mandarin ke bahasa Indonesia yang judulnya dalam bahasa Indonesia adalah “Pelayanan yang Sesuai dengan Kehendak Tuhan” (合神心意的事奉). Kebetulan saya mengerti sedikit bahasa Mandarin, maka sayapun dengan senang hati sekali memenuhi permintaan perempuan tersebut.

Di dalam proses menterjemahkan naskah tersebut, secara sedikit demi sedikit tanpa saya sadari, saya telah diperkenalkan dengan sebuah istilah yang bernama “Pelayanan” khususnya “Pelayanan yang Sesuai dengan Kehendak Tuhan”. Walaupun secara perlahan tapi pasti, saya mulai memahami makna yang terkandung dalam istilah “Pelayanan” tersebut.

Berikut adalah cara saya mengenal dan memahami istilah “pelayanan”:

Aspect Bahasa (Literal): Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, “Pelayanan” artinya: [n] (1) perihal atau cara melayani: selama ini tamu hotel itu tidak mendapat ~ yang semestinya; (2) usaha melayani kebutuhan orang lain dengan memperoleh imbalan (uang); jasa: yayasan itu bergerak dalam pemberian ~ jual beli tanah; (3) kemudahan yang diberikan sehubungan dengan jual beli barang atau jasa.

Setelah secara berulang ulang saya membaca arti “Pelayanan” yang dijelaskan oleh Kamus Besar Bahsa Indonesia tersebut, maka sayapun mulai dapat menyimpulkan arti “Pelayanan” pada istilah “Pelayanan yang Sesuai dengan Kehendak Tuhan” yang diperkenalkan kepada saya.

Aspect Fungsi (Functional): Di dalam dunia Information and Technology (IT), kita mengenal istilah Networking (Jaringan). Struktur dasar sebuah jaringan adalah terdiri dari satu Server (Komputer Pusat) yang tersambung dengan satu atau beberapa Host/Client. Sebagai komputer pusat, sudah barang tentu wajib memiliki sumber daya yang lebih memadai dan lebih besar dari komputer host/client. Dalam hal ini, komputer pusat diberi nama “server” yang berarti “pelayan” (bukan seperti pelayan/pesuruh/waiter yang bisa kita suruh/perintah seenak udel kita) yang berfungsi memberikan bantuan/pelayanan secara terukur, secara adil, secara terkendali, secara teratur, secara tertib, secara baik, kepada komputer host/client. Dengan kata lain, komputer pusat berfungsi untuk melayani kebutuhan (BUKAN KEINGINAN/KEMAUAN) komputer host/client.

Aspect Sifat (Characteristic): Di dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara, kita mengenal istilah “Polisi” yang tugas/fungsinya utamanya adalah menangkap penjahat, mencegah terjadinya kejahatan, menjaga dan memelihara ketertiban umum, mengatur ketertiban lalu lintas kenderaan bermotor dan lain lain. Akan tetapi tahukah para pembaca yang budiman, bahwa pada dasarnya polisi memiliki sebuah sifat yang unik dan khusus? Apakah gerangan sifat unik dan khusus tersebut? Sifat tersebut tidak lain dan tidak bukan, adalah sifat “Melayani dan Mengayomi”.

Mengacu pada beberapa aspek tersebut di atas, saya mulai memahami makna yang terkandung dalam kata “Pelayanan” pada istilah “Pelayanan yang Sesuai dengan Kehendak Tuhan”

Sesungguhnya saya sangat berterima kasih sekali kepada perempuan cantik nan rupawan yang berniat luhur dan berhati mulia serta berjiwa besar tersebut yang telah memperkenalkan kata “Pelayanan” kepadaku dan oleh karena itulah saya wujudkan ungkapan terima kasihku yang tulus dalam bentuk doa dan dedikasi kerja yang penuh dengan rasa tanggung jawab. Karena hanya itulah yang dapat dan mampu saya berikan sampai sejauh ini. Semoga Kasih dan Karunia Nya selalu bersama kita semua. Aamiin.

Salam Damai dan Sejahtera

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *