Jenis Konstruksi Bangunan – Struktur Baja

Preengineered-Steel-Frame-Light-Steel-Structure-SS-104-Konstruksi bangunan rangka baja umumnya dibangun dengan memanfaatkan bahan baja yang disebut “mild steel”. Jenis baja “mild steel” ini memiliki kekuatan yang sangat besar. Sebagai gambaran kekuatan baja “mild steel”, baja ukuran diameter 1 in atau 25 mm yang tertanam kuat pada langit langit beton, dapat menahan beban seberat 20 ton. Atau dengan kata lain, kita dapat menggantungkan 18 buah mobil Honda City atau 3 ekor gajah Afrika.

Kekuatan yang sangat besar ini memberikan nilai manfaat besar pada bangunan. Disamping itu, salah satu fitur (sifat khusus) baja adalah pada fleksibilitas/keluwesan yaitu sifat mudah ditekuk/dibengkokkan. Baja juga memiliki sifat khusus yang lain yaitu sifat keuletan (ductility) yang tidak akan retak terhadap terpaan angin ataupun gempa. Oleh karena itu, kegagalan yang terjadi pada struktur bangunan rangka baja bukanlah kegagalan yang terjadi seketika sehingga memberikan waktu yang cukup bagi penghuninya untuk menyelamatkan diri. Dibandingkan dengan material bangunan yang lain, bangunan rangka baja pada umumnya jarang ambruk dan lebih tahan terhadap gempa.

Walaupun demikian, kelemahan baja terletak pada ketahannya terhadap api. Kekuatan jenis baja “mild steel” akan berkurang separuh dalan sekejap pada temperatur 500 derajat Celcius. Oleh karena itu, rangka baja perlu diproteksi dari api dan temperatur tinggi yang biasanya dengan cara membalutnya dengan bahan yang tahan bakar.

Rangka Baja sering dipakai pada gedung pencakar langit; bangunan pabrik; bangunan gudang; bangunan sementara.

Keunggulan pembangunan dengan struktur rangka baja antara lain: sangat hemat waktu pembangunan di lokasi karena banyak bagian yang bisa di-fabrikasi terlebih dahulu; fleksibilitas tinggi; mudah dibentuk dan dibungkus dengan material lain; pilihan metoda penyambungan yang beragam misal pengelasan atau penguncian dengan baut dan lain lain.

Kelemahan pembangunan dengan struktur rangka besi antara lain: ketidak tahanan terhadap api dan temperatur tinggi; kerentanan terhadap korosi (mudah berkarat).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *